Kunjungan Tahap Ke Dua Program Panen Hujan dengan RDS (Rain Dripponik Sistem)

Posted on: November 5, 2021, by :

Wonosari, 04 November 2021 di adakan kunjungan di Dusun Karang Gebang, Kelurahan Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Wonosari, Gunung Kidul. Dalam hal menindak lanjuti keseriusan pelaksanaan program hibah Matching Fund Dirjen DIKTI, dengan tema Panen Hujan Berkebun Intensif di Daerah Kering Dengan Rain Driponik System (RDS). Bapak Dekan Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Dr. Ir. Iskandar Yasin, S.T., M.T., CIPM, IPM., menggandeng V. Reza Bayu Kurniawan, S.T., M.Sc., Selaku Wakil Dekan I, Dewi Sulistyorini, ST., M.Eng., selaku Wakil Dekan II, Lilik Hendro Widaryanto, S.T., M.Eng., selaku ketu GMP., Ir. Widarto Sutrisno, S.T., M.T., IPM., Selaku Kaprodi Teknik Sipil, dan Julia Kurniasih, S.Kom., M.Kom., , selaku dosen Informatika, dan juga mahasiswa dan staf dari Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

 

Dalam kunjungan disini terdapat beberapa pokok pembicaraan mengenai rencana Panen Hujan Berkebun Intensif di Daerah Kering Dengan Rain Driponik System (RDS). Bapak Ir. Widarto Sutrisno, S.T., M.T., IPM., Mengatakan bahwa dalam pembuatan tampungan tadah hujan di perlukan pengujian material lingkungan sekitar sebelum menggunakan agregat dari luar wilayah. Kemudian fungsi pengujian dilakukan agar mendapatkan kualitas terbaik agar tampung tadah hujan tidak meresap langsung ke tanah.

 

Berikut pembahasan dari Julia Kurniasih, S.Kom., M.Kom., , selaku dosen Informatika sebelum perencanaan alat otomatisasi yang perlu di cermati kapasitas tetes debit air keluar dalam sistem otomatisasi tersebut diharap sesuai kebutuhan unsur hara dan berdasarkan kelebabannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *