FORUM GROUP DISCUSSION ( FGD ) OBSERVASI DESA KRADENAN, KECAMATAN SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG

Posted on: April 18, 2022, by :

Forum Group Discussion atau seding di sebut FGD kembali lagi ke Desa Kradenan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Team Abdimas kembali lagi ke Desa Kradenan dalam bentuk keseriusan dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, yang dimana Desa tujuan yaitu Kradenan. Team Abdimas kembali di Desa Kradenan dalam rangka menindak lanjuti hasil FGD Desa Kradenan.

 

 

 

 

Senin, 18 April 2022 Team Abdimas Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dalam wujud nyata melakukan observasi di Desa Kradenan sebagai bentuk tindak lanjut FGD 25 Januari 2022. Dalam kegiatan ini dilakukan survey mata air dan tampungan air yang sebagai sumber kehidupan masyarakat Desa Kradenan, diambil samping 2 jenis mata air dari Desa Kradenan yang akan di lakukan pengujian di Laboratorium. Pengambilan sampling di laksanakan oleh mahasiswa dan diberi pengarahan dari Bapak Ir. Ahmad Mashadi, S.T.,pengambilan sampling ini akan mencari kadar Fe dan bakteri yang terkandung dalam air. Dimana nanti akan mendapatkan hasil rumusan pembuatan alat filtrasi yang sesuai untuk menghasilkan air bersih layak pakai di Desa Kradenan.

  

Selain itu juga dilakukan survey ke UMKM masyarakat Desa Kradenan. Produk UMKM yang menjadi produk andalan Desa Kradenan yaitu Jenang Salak, Sagon Kering, dan Selai salak. Dimana Bapak Kusmendar selaku dosen Program Studi Teknik Industri yang nantinya akan membimbing dan melakukan pendampingan kepada mahasiswa perwakilan dari MMFT, IMPSTI, dan IMPSTS dalam mengembangkan UMKM Desa Kradenan.

Team Abdimas dalam beberapa bulan kedepan akan melakukan pendampingan dalam mengatasi permasalahan Air Bersih, UMKM, Tanggap Bencana, dan Sistem Informasi seperti yang telah di sampaikan Bapak Wakil Dekan I V.Reza Bayu Kurniawan, S.T., M.S.c., dan Ibu Dekan II Dewi Sulistyorini, S.T., M.Eng. Pendampingan ini tidak lepas dari buah hasil diskusi dengan Bapak Lurah dan Sekdes Kradenan terkait isu Air Bersih, ekonomi UMKM, Tanggap Bencana, dan Akses Informasi.

Dari ini terdapat harapan kepada Desa Kradenan, mampu memiliki daya saing dalam ekonomi dengan kuatnya UMKM Desa Kradenan terhadap daya saing pasar baik lokal maupun nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *