UST Menggelar “Sunday Morning” Produk Hasil Karya Mahasiswa

Posted on: June 5, 2018, by :

Yogyakarta – Sunday Morning bertajuk “Launching Produk Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa” merupakan program lanjutan Workshop Kewirausahaan “Menciptakan Pengusaha, Membangun Negeri” yang sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Juni 2017 di Dewantara Convention Room (DCR). Kegiatan Sunday Morning yang dilaksanakan pada Minggu (23/7) di Halaman Kampus 1 UST Jalan Kusumanegara No. 157 ini rangkaian bentuk kegiatan program hibah IPTEK Bagi Kewirausahaan (IbK) yang telah dimenangkan oleh UST. Program IbK yang saat ini diperbaharui menjadi Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) merupakan salah satu skema pengabdian masyarakat yang disediakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha baru dari kampus khususnya usaha karya mahasiswa UST.

Sunday Morning ini dilaksanakan sebagai sarana pengenalan produk usaha mahasiswa UST kepada seluruh sivitas akademik UST maupun publik. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi trend Sunday Morning kedepan yang dapat memfasilitasi tidak hanya karya mahasiswa UST melainkan usaha kecil di sekitar kampus UST. Sebelumnya pada Workshop Kewirausahaan telah diseleksi ke-21 kelompok usaha mahasiswa UST untuk diberikan dana stimulus. Jumlah dana stimulus yang diberikan juga berbeda-beda berkisar antara 1 juta Rupiah hingga 3 juta Rupiah per kelompok. Kriteria yang dipertimbangkan untuk memberikan besaran dana stimulus adalah profil usaha, peluang usaha, rencana operasional dan rencana finansial. Dana stimulus ini diberikan sebagai dana hibah per kelompok dengan harapan setiap kelompok dapat segera menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Di Sunday Morning yang dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Juli 2017 ini, mereka akan menyajikan presentasi terbaik dari produk unggulan mereka. Ke-21 produk yang akan dipresentasikan meliputi usaha kuliner, kerajinan, fashion, dan teknologi manufaktur dari mahasiswa-mahasiswa UST di program studi Teknik Industri, Agribisnis, Manajemen dan Seni Rupa.

Selain itu, pada acara Sunday Morning ini akan dinilai beberapa kategori untuk semakin memicu mahasiswa dalam mengembangkan usahanya yaitu kategori usaha dengan pendapatan terbanyak, kategori kelompok terviral, kategori kelompok pilihan publik dan kategori kelompok dengan booth paling kreatif. Event Sunday Morning ini juga menjadi salah satu tahapan seleksi dari ke-21 kelompok hingga nanti diakhir tahun pertama program didapatkan 5 kelompok unggulan yang akan mendapatkan pelatihan intensif dan dana stimulus lanjutan pada inkubasi bisnis UST yang difasilitasi oleh divisi Kewirausahaan Dewantara Career Center.

Tahun 2017 ini merupakan tahun pertama pelaksanakaan program IbK UST yang akan berlanjut hingga tahun ketiga, 2019. Program IbK UST ini diketuai oleh Dr. Sri Hermuningsih, MM., CFPP yang juga merupakan ketua divisi Kewirausahaan Dewantara Career Center, dan beranggotakan Retno Widiastuti, S.T., M.Eng dan V. Reza Bayu Kurniawan, S.T., M.Sc. Program IbK ini secara langsung juga mendapat dukungan penuh dari Rektor UST, Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D, para Wakil Rektor di lingkungan UST dan seluruh pejabatan struktural di lingkungan UST. Selain itu, program IbK UST ini berkolaborasi dengan Dewantara Career Center (Pusat Karir UST) dan juga para praktisi di sektor industri kreatif. Diharapkan melalui rangkaian program IbK ini tercipta wirausaha-wirausaha muda dari Kampus UST yang mandiri, unggul, dan handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *