Webinar Nasional “Refleksi Mahasiswa Terhadap Kondisi Pendidikan Bangsa Indonesia”

Posted on: May 4, 2021, by :

Pendidikan adalah pembudayaan buah budi manusia yang beradab dan buah perjuangan manusia terhadap dua kekuatan yang selalu mengelilingi hidup manusia yaitu kodrat alam dan zaman atau masyarakat (Dewantara II, 1994). Seiring dengan berkembangnya zaman digitalisasi seperti sekarang ini, maka kondisi pendidikan di Indonesia perlu menjadi perhatian semua pihak.

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, Fakultas Teknik melalui Majelis Mahasiswa Fakultas Teknik (MMFT) mengadakan Webinar Nasional pada hari Senin, 3 Mei 2021. Webinar menggunakan aplikasi zoom meeting dan live di youtube Fakultas Teknik UST. Webinar mengusung tema “Refleksi Mahasiswa Terhadap Kondisi Pendidikan Bangsa Indonesia”.

Webinar Nasional ini menghadirkan dua pemateri yaitu Ki. Prof. Dr. Agus Cahyono sebagai Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS) sekaligus Guru Besar Fakultas Kehutanan UGM dan Putri Khairunnisa, S.Ikom selaku Aktivis Milenial dan ketua DPP KNPI.

    

 

 

 

 

 

 

Prof. Dr. Agus Cahyono menyampaikan tentang kontribusi generasi Indonesia Emas 2045 dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. Pemateri kedua menjelaskan masih adanya kesenjangan pendidikan di beberapa daerah di Indonesia karena kondisi geografis, sehingga perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Webinar ini diikuti peserta dari UST dan dari luar UST yang diharapkan mampu memberikan semangat kepada mahasiswa di tengah pandemi covid-19, meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam menanggapi permasalahan pendidikan, dan mahasiswa bisa menyumbangkan kontribusi nyata untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *