Edukasi Strategi Pemasaran Alternatif Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada UMKM Di Wirokerten Bantul Pada Masa Pandemi Covid-19

Posted on: May 15, 2020, by :

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiawa mengadakan pengabdian masyarakat terpadu pada tanggal 10-11 Mei 2020 di UMKM daerah Wirokerten, Bantul, D.I Yogyakarta. UMKM di daerah Wirokerten Bantul, D.I. Yogyakarta sebagai UMKM yang memproduksi makanan ringan merasakan dampak wabah Covid-19 terutama menurunnya penjualan produk. Di sisi lain, teknologi yang berkembang pesat saat ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk membantu penjualan produknya. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi ke masyarakat UMKM di daerah Wirokerten Bantul, D.I. Yogyakarta, untuk menggunakan strategi pemasaran alternatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, sosialisasi perilaku hidup bersih dan utamanya kiat-kiat menghadapi masa pandemi Covid-19 juga disampaikan pada program pengabdian ini. Diharapkan melalui program ini, UKM mampu bertahan di tengah situasi pandemi dengan tetap mencari solusi alternatif untuk menjual produknya yaitu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbiaya murah dan berdampak luas, dan masyarakat sadar untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam mengatasi wabah Covid-19 yang saat ini tengah menyebar.

     

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi edukasi, tanya jawab, disertai bakti sosial kepada masyarakat terdampak. Sosliasi edukasi dilaksanakan melalui aplikasi video conference Zoom Cloud Meeting yang berlangsung pada tanggal 10 dan 11 Mei 2020. Secara keseluruhan peserta UMKM dan masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan model kegiatan yang dirasa baru dan menarik memanfaatkan teknologi daring.

      

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *