Edukasi Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Efisiensi Proses Produksi Di UMK Makanan Rosabonita Bakery

Posted on: December 13, 2020, by :

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Teknik Industri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang terdiri dari Dosen dan mahasiswa dilakukan di UMK Makanan Rosabonita Bakery yang terletak di Sukoharjo, Jawa Tengah.
UMK Makanan Rosabonita Bakery merupakan salah satu UMK yang terdampak adanya pandemi COVID-19. Di saat UMK ini tengah berkembang, terjadinya Pandemi COVID-19 ini menjadi tantangan untuk UMK Makanan Rosabonita Bakery. Pola kenaikan permintaan yang meningkat pesat biasanya di bulan Ramadhan maupun akhir tahun tidak terulang di saat pandemi ini. Salah satu usaha UMK Rosabonita Bakery untuk meningkatkan penjualan adalah memanfaatkan teknologi informasi dalam strategi pemasarannya. Saat ini, berbagai channel online marketing telah diterapkan manajemen UMK Rosabonita Bakery melalui relasi word of mouth dari sosial media Whatsapp dan Instagram. Usaha ini telah mampu menjangkau konsumen dari luar kota. Tersedianya teknologi informasi yang pesat ini sangat dirasakan manfaatnya mengingat lokasi produksi dan outlet Rosabonita Bakery yang terletak di Sukoharjo, Jawa Tengah. Namun, peningkatan pemasaran yang mulai baik dilakukan oleh manajemen Rosabonita Bakery sebaiknya juga diimbangi oleh efisiensi produksi terlebih di masa pandemi saat ini.

Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi ke UMK Rosabonita Bakery untuk meningkatkan efisiensi produksi dari berbagai sisi, salah satunya sektor pemasaran. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi edukasi, tanya jawab, dan kunjungan lokasi ke UMK. Sosialisasi edukasi dilaksanakan melalui aplikasi Google Meet yang berlangsung pada tanggal 12 Desember 2020 oleh Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri UST.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *