KULIAH UMUM Pengaturan Keamanan Bendungan di Indonesia dan Kesiapan Prasarana Irigasi dalam Menunjang Ketahanan Pangan

Posted on: September 8, 2021, by :

Kolaborasi antara akademisi dengan praktisi sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mahasiswa untuk memahami suatu mata kuliah secara menyeluruh. Untuk itu Program Studi Teknik Sipil Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa melalui Ikatan Mahasiswa Program Studi Teknik SIpil (IMPS-TS) mengadakan Kuliah Umum tentang Bendungan.

Kuliah Umum dilaksanakan pada hari Selasa, 7 September 2021 jam 09.00 – 12.00 WIB melalui zoom meeting dan live youtube IMPS-TS. Peserta kuliah umum dari seluruh mahasiswa Teknik Sipil UST, alumni dan Dosen.

Pemateri merupakan praktisi ahli Bendungan tingkat nasional maupun internasional yaitu :

  1. Moegijantoro, Dipl. HE (PU-SDA, PUB, ACPE, Asesor LPJK)

(Ahli Utama Teknik Bendungan Besar, ACPE (Asean Charter Profesional Engineer)

  1. Ir. Mochamad Amron, M.Sc, PU-SDA, Asesor

    

Pemateri pertama menyampaikan tentang Pengaturan Keamanan Bendungan di Indonesia yang bertujuan untuk mewujudkan tertib penyelenggaraan pembangunan dan pengelolaan bendungan agar layak teknik dan konstruksi, aman dalam pengelolaannya.

Pemateri kedua menyampaikan tentang Kesiapan Prasarana Irigasi dalam Menunjang Ketahanan Pangan yang berisi tantangan penyediaan pangan, gambaran produksi beras di Indonesia, pengertian umum irigasi dan pengembangannya, tantangan layanan irigasi, arah kebijakan dan revitalisasi system irigasi, tantangan dan harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *