Webinar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021 Prodi Teknik Sipil UST

Posted on: February 12, 2021, by :

Inovasi dan kreativitas merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam mengembangkan potensi diri. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melakukan berbagai hal untuk menumbuh kembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia, salah satunya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2021 di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejalan dengan tujuan tersebut Prodi Teknik Sipil Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) melalui Ikatan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil (IMPS-TS) mengadakan webinar PKM pada tanggal 11 Februari 2021. Ditengah pandemic covid-19 webinar dilakukan secara daring melalui zoom meeting yang diikuti mahasiswa Teknik Sipil dari berbagai angkatan. Menghadirkan dua pemateri yaitu M. Afif Shulhan, ST., M.Eng (dosen Teknik Sipil UST) dan Widodo, M.Pd (dosen Pendidikan Teknik Mesin UST).

   

 

Pemateri pertama M.Afif Shulhan, ST., M.Eng menyampaikan materi tentang hal-hal yang dilakukan di PKM termasuk jenis-jenis usulan yang ada pada PKM. Sedangkan pemateri kedua Widodo, M.Pd menyampaikan tahapan PKM tahun 2021 sesuai dengan buku pedoman PKM 2021 yang tentunya mengalami beberapa penyempurnaan dari buku panduan PKM sebelumnya.

Webinar ini diharapkan memberikan motivasi kepada mahasisiwa untuk lebih kreatif dan inovatif di tengah pandemic covid-19 yang sedang melanda dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *